Selasa, 18 November 2014

DESTINASI MALINO

Jika di Jakarta terkenal dengan puncak nya, maka di makassar terkenal dengan Malino. Malino adalah kelurahan yang terletak di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Daerah yang terletak 90 km dari Kota Makassar ke arah selatan ini merupakan salah satu objek wisata alam yang mempunyai daya tarik luar biasa.


Di kawasan wisata Malino sendiri, terdapat hutan wisata, berupa pohon pinus yang tinggi berjejer di antara bukit dan lembah. Jalan menanjak dan berkelok-kelok dengan melintasi deretan pegunungan dan lembah yang indah bak lukisan alam, akan mengantarkan Anda ke kota Malino. Kawasan tersebut terkenal sebagai kawasan rekreasi dan wisata sejak zaman penjajahan Belanda.

Malino memiliki gunung-gunung yang sangat kaya dengan pemandangan batu gamping, pohon pinus, kebun teh dan air terjunnya. Berbagai jenis tanaman tropis yang indah,tumbuh dan berkembang di
kota yang dingin ini. Selain itu, Malino pun menghasilkan buah-buahan dan sayuran khas yang tumbuh di lereng gunung Bawakaraeng. Sebagian masyarakat Sulawesi Selatan masih mengkulturkan gunung itu sebagai tempat suci dan keramat. Suhu di kota Malino ini mulai dari 10°C sampai 26°C. dan ketika musim hujan, berhati hati sedang berkendara karena, kota ini sering berkabut dan jarak pandangnya 100meter saja.

Jika anda berkunjung ke Malino jika anda mau anda dapat berkeliling di pinggiran pegunungan sambil menaiki kuda sambil menghirup udara segar di pegunungan hutan pinus, ada banyak kuda yang di sewakan disana.


Setelah anda puas dengan wisata hutan pinus anda juga dapat berwisata di air terjun, sebutan baratnya sih water fall atau air kepeleset karena airnya jatuh dari jurang (hehehehe..) di malino terdapat beberapa air terjun tapi yang terkenal yang dapat anda kunjungi yaitu air terjun takapala dan air terjun bulan atau biasa orang kenal dengan air terjun tangga 1000.

Air Terjun Takapala terbilang indah dan cukup megah. Karena selain pemandangan disekitarnya yang segar alami, Air Terjun Takapala memiliki tinggi sekitar 100 meter dengan debit air yang cukup besar. Dengan ketinggian tersebut, di bagian dasar air terjun terbentuk kabut sejauh 20 Meter. Tak jarang Anda bisa melihat pelangi di bagian dasar air terjun.

Di bagian dasar air terjun Anda bisa bermain air, namun disarankan agar Anda berhati-hati. Karena tekanan air yang cukup kuat, terutama di Musim Penghujan. Di area ini, air terjun ditampung oleh kolam kecil. Disitu juga terdapat bebatuan vulkanik dengan ukuran yang cukup besar. Melihat ke atas ke arah tebing sebelah kiri, Anda akan menemui tebing dengan corak yang unik. Corak yang mirip dengan tebing Batu Dinding kilo Tiga.

Goa kecil di dasar Air Terjun TakapalaAcara berbasah-basah ria Anda akan lebih seru dengan mengunjungi gua yang ada di dasar air tejun. Gua ini sangat pendek, namun berada di balik tirai air terjun. Memberikan sensasi tersendiri untuk Anda yang gemar bermain air. Tentu saja untuk sampai ke gua ini, Anda harus basah dan menyeberangi kolam kecil tersebut. Tempat ini sangat cocok untuk berfoto-foto.

Sedangkan air terjun tangga 1000 (namanya unik ya?? Hehehe) Mengapa dinamakan air terjun tangga 1000 karena setelah melewati tangga 1000 malino, maka anda akan mendapatkan air terjun tersebut. namun bagi yang tidak kuat fisik nya disarankan untuk tidak  turun, ribet kalau naik.. hehehehe

Selain air terjun, di malino terdapat suatu lembah yang cukup terkenal namanya lembah biru. Seperti namanya, tempat ini berada di sebuah lembah. Di tengahnya terdapat kolam renang yang dikelilingi bangunan vila. Dasar kolam dicat biru, sesuai dengan nama tempat ini.

Di sinilah disinilah anda dapat menghabiskan waktu dengan menikmati kesejukan pegunungan sambil mengikuti kegiatan outbound.

Matahari pagi tak akan tampak di tempat ini. Sinar mentari tertutup oleh tanaman pinus di sisi lembah. Matahari hanya tampak menjelang siang. Meskipun siang, suasana lembah tetap sejuk. Bagi pengunjung yang tak terbiasa dengan hawa sejuk pegunungan, mereka harus menyiapkan jaket tebal. Sebab, menyentuh air pada pagi hari tak ubahnya seperti menyentuh es balok.


Selain wisata alam di atas, kurang lengkap jika anda belum mengunjung Malino Highland. Malino Highlands dapat memuaskan para pengunjungnya baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Segala fasilitas yang ada dirancang khusus secara terinci dan menawan menambah kesan yang tak akan terlupakan. Di atas tanah seluas 900 hektar, sejauh mata memandang terbentang lahan hijau taman asri yang merupakan bagian ter-indah dari kawasan Malino Highlands.

Diperbukitan yang luas terhampar perkebunan teh hijau yang subur dan terawat. Diselingi gemercik suara air terjun semakin menambah kesan nyaman dengan udara yang sejuk nan segar. Keelokan alam nan hijau yang terbentang luas menjadikan para pengunjungnya melupakan kepenetana rutinitas sehari-hari.

Lokasi wisata alam ini juga menawarkan beberapa permainan aktifitas di luar ruangan (outdoor activities) antara lain paralayang, menunggang kuda, bungee jumping, trampolines, cross country running, bersepeda, kegiatan festival layang-layang dan masih banyak alinnya.

Selain itu, di area kebun teh tersebut juga rencanaya akan dibangun berbagai  fasilitas yang dapat dinikmati keluarga seperti kebun binatang mini dengan berbagai koleksi binatang diantaranya burung kasuari dan kuskus. Untuk menambah kelengkapan fasilitasnya, di lokasi tersebut akan ada 200 resort dalam kawasan kebun teh, 400 villa di tengah hutan yang dilengkapi ruang serbaguna berkapasitas 2.000 orang, restoran Jepang, monorail, cable car, jalur tracking, tempat outbond, taman satwa, serta dispakan teropong untuk melihat benda-benda angkasa.

Jika anda ke malino, belum afdol jika belum merasakan cemilan-cemilan khas nya seperti tenteng (terbuat dari kacang tanah sangrai dan gula merah), baje (terbuat dari beras dan gula merah dan dibungkus daun nipah), nougat yang terbuat dari campuran kacang dan karamel gula merah. ditambahkan wijen supaya rasanya lebih khas.

Sebelum pulang, rata-rata pengunjung mampir ke pasar malino untuk belanja sayur-sayuran, rempah-rempah dan buah-buahan. terutama yang khas disana adala buah markisa.

Tanah malino yang subur, sejuk dan indah memang merupakan tempat ideal bercocok tanam dan tempat menikmati suasana pegunungan. jadi tak heran disana juga terdapat pasar bunga bagi anda pecinta bunga.


Sekian gambaran singkat tentang destinasi Malino yang eksotis dan bagi anda yang hobby traveling sayang jika anda tidak berkunjung kesana. Hehehehe.... ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar