Minggu, 16 November 2014

DESTINASI LABUAN CERMIN

Labuan Cermin adalah sebuah danau super jernih yang mempunyai dua kandungan air di dalamnya, yaitu air tawar dan air asin. Kedua air ini tidak pernah tercampur satu sama lain, air asin yang terletak di bagian bawah tidak pernah naik ke permukaan melewati air tawar yang melindunginya.

Danau dua rasa ini terletak di desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, kalimantan Timur. Meskipun terletak jauh di pedalaman Kalimantan, tidak membuat sepi kunjungan wisatawan karena danau ini memiliki dua rasa air ini memang sangat unik.  Selalu ada wisatawan yang berkunjung tiap akhir pekan sekedar untuk menikmati pemandangan tiada dua dari biru dan beningnya air danau ini.

Dinamakan Labuan Cermin, karena danau ini memiliki air yang sangat jernih sampai kita bisa ber-
cermin di atasnya. Labuan Cermin memiliki saluran yang terhubung ke laut, namun ajaibnya air tawar yang mendominasi danau ini tidak bercampur dengan air asin yang bersumber dari laut. Air tawar berada di bagian atas danau dan air asin di bagian bawahnya. Unik nya lagi, dua jenis air ini tidak bercampur sama sekali. Secara kasat mata dapat dilihat bahwa air laut dan air tawar dipisahkan oleh lapisan serupa awan. Hal ini terbentuk secara alami. Subhanallah...

Untuk menuju kesana kita anggap saja titik pertemuan ada di Kota Balikpapan. Ada banyak maskapai nasional yang melayani penerbangan dari kota besar di Indonesia Seperti Jakarta, Surabaya, Makassar, Banjarmasin dan lain-lain menuju Balikpapan.
Dari Balikpapan bisa dilanjutkan dengan jalur darat dengan rute : Balikpapan-Samarinda dengan bus, Samarinda-Tanjung Redeb dengan travel seperti Avanza atau Xenia, Tanjung Redeb-Biduk-biduk dengan travel juga. atau ada juga travel yang lansung dari Samarinda menuju Biduk-biduk. Satu satunya kelemahan jalur ini adalah jaraknya yang jauh, langsung dari Samarinda-Biduk-biduk saja ditempuk sekitar 20 jam, apalagi kalau harus memutar melewati kota Tanjung Redeb. Otomatis kalau ingin melewati jalur ini haruslah mempunyai waktu yang bannyak dan fisik yang tangguh.

Nah, bagi yang ingin lebih cepat bisa dari Balikpapan langsung menuju Berau (Tanjung Redeb) dengan menggunakan pesawat, dari Tanjung Redeb menuju Biduk-biduk bisa dengan menggunakan mobil travel jengan jarak tempuh sekitar 6-7 jam seperti diatas.

Sesampainya di Desa Biduk-biduk untuk menuju Danau labuan cermin ini anda cukup menuju desa Labuan Kelambu, sesampainya di jembatan kayu maka langsung naik ke kapal yang tersedia di sini untuk menuju Danau. Untuk mencapai danau Labuan Cermin anda membutuhkan waktu sekitar lima belas menit menembus hutan bakau dan anda bisa melihat beberapa hewan liar seperti, monyet, bekantan, beruang madu,dan berang-berang.

untuk tempat tinggal atau penginapan anda bisa menginap di Pusat Informasi Nelayan yang bertempat di tepi muara sungai yang terletak beberapa ratus meter dari danau Labuan Cermin.

Saat pagi tiba anda akan disuguhi sebuah pemandangan yang sangat indah. Air bening dari muara memberi kesan transparan sehingga semua biota khas muara terlihat sedang bermain di bawah sinar hangat mentari pagi. Mereka saling mengejar dan seolah sedang mengajak kita bermain bersamanya.


Anda bisa melihat biota laut dan air tawar. Wow ini merupakan pengalaman yang tidak akan pernah anda lupakan. Biasanya jarak air asin dari permukaan air tawar hanya dua meter saja. Dengan menyelam selama beberapa detik anda bisa menikmati pemandangan bawah biota laut dan ketika anda naik beberapa detik ke permukaan anda akan melihat biota air tawar.  Unik bukan??


Selain tu anda bisa melihat air yang berwarna putih. Air berwarna putih tersebut diduga kuat sebagai plankton dan crustasea kecil yang terjebak diantara air tawar dan air asin. Kemudian krusatsea dan plankton malang tersebut mati. Sehingga bangkai dari mahluk kecil malang itu membusuk dan memberikan kesan warna putih.

Kita dapat melihat pepohonan disetiap sudut danau Labuan Cermin karena danau kecil ini dikelilingi oleh hutan belantara. Airnya yang jernih bisa membuat refleksi seperti cermin. Inilah alasan utama kenapa danau ini diberi nama Labuan Cermin.


Anda harus berhati-hati, terutama bagi anda yang kurang mahir berenang atau bahkan bagi anda yang tidak bisa berenang karena ada beberapa spot yang memiliki arus deras.


.


Selain Danau Labuan Cermin, Biduk-Biduk juga memiliki serangkaian pulau-pulau cantik di lepas pantainya, antara lain pulau-pulau di Teluk Sumbang dan Teluk Sulaiman. Biduk-Biduk juga mengoleksi garis pantai yang indah. Pantai Biduk-Biduk membentang panjang dengan pasir putih nya yang indah. Laut nya jernih dan biru.


Tips tambahan:
  • Listrik hanya menyala pada malam hari, jadi manfaatkan untuk mengisi penuh baterai  peralatan elektronik anda.
  • Bawalah alat snorkeling, walaupun ada penyewaan disini namun kondisinya sudah memprihatinkan
  • Ada banyak pantai indah, pilihlah mana yang kalian sukai untuk bersantai.
  • Masyarakat di sana sangat ramah, jadi berbaurlah.
  • Bawalah sampah kembali dan bualang di tempat sampah, jangan kotori keindahan dengan sampah yang kita tinggalkan.
Sekian gambaran singkat tentang destinasi Labuan Cermin. sedikit mengingatkan bahwa betapa besarnya karunia ilahi semoga kita semua bisa menjadi orang orang yang bersyukur. Aamiin.. ^_^ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar