Jumat, 21 November 2014

TIPS MENANGANI DAN MENGOBATI ASMA

Istilah asma sudah sering kita dengar sebelumnya, tapi apakah sebenarnya penyakit asma itu dan bagaimana cara menanganinya?

Asma adalah penyakit alergi yang diturunkan dari orang tua dan ditandai dengan gangguan saluran nafas seperti sesak, batuk yang disertai suara mengi namun tanpa disertai demam (kecuali bila ada infeksi).

Sekilas perihal penyakit asma yang disebut juga penyakit bengek, asma merupakan masalah pernafasan yang berbentuk alergis atau sensitif pada suatu hal yang masuk ke dalam tubuh apakah debu atau hawa dingin. Pasien penyakit asma dapat mengalami kesulitan bernafas dan merasa sesak di dada. Biasanynya disertai batuk saat bernafas dan bunyi tinggi tapi terdengar menyempit.

Seseorang bisa mengalami serangan asma jika ada faktor keturunan dan lingkungan. Keturunan
disebabkan gen dan gen penyakit asma itu jumlahnya adalah ratusan, sehingga gen penyebab asma sampai sekarang belum diketahui secara pasti. Penyakit asing bukan karena suatu faktor tapi banyak yang diatur oleh gen.

Karena dalam keluarga dijumpai lebih dari seorang yang menderita asma, penyakit ini sering disangka penyakit menular. Asma bukan penyakit menular, namun penyakit keturunan. Tidak heran jika ibunya asma anaknya asma. Tapi ingat bahwa asma tidak akan terjadi jika faktor lingkungannya tidak mendukung. Penderita asma, belum tentu anaknya juga terkena asma. Jika anaknya dititipkan kepada orang lain yang lingkungannya berbeda, maka anaknya bisa tidak terkena asma karena lingkungan dari kecil berpengaruh.

Cara mengatasi serangan asma mendadak adalah :
  • Kenali terlebih dahulu asma Anda (jenis gejala asma yang mana, ringan, dll)
  • Kenali pencetusnya, jiak emosi maka atasi emosi, jika virus influenza maka perlu divaksinasi, jika obat maka hindari obat tersebut, jika makanan maka hindari makanan tersebut, jika debu rumah maka hindari debu rumah
  • Kenali obat-obatan yang dipakai dengan benar. Pakai obat yang disuruh dokter secara benar. Pastikan obat benar dan dosis benar.
  • Kontrol ke dokter jangan hanya sedang menderita sesak nafas, seperti servis monil jangan tunggu rusak baru ke bengkel, lakukan perawatan terhadap tubuh Anda sendiri.
  • Siapkan obat emergency untuk serangan di tengah malam.

Pengobatan asma terdiri dari obat preventer (controller) dan obat reliever. Controller yang bertujuan mencegah serangan sebelum terjadi dan obat reliever yang bertujuan menghilangkan gejala yang sudah terjadi dan Contoh obat reliever adalah salbutamol dan contoh obat controller adalah budesonide yang semuanya diberikan secara inhalasi (inheler).


Tips mengatasi asma secara alami:
  1. Jangan panik
    Cara mengobati asma tanpa obat adalah jangan panik saat asma Anda sedang kambuh. Karena panik akan membuat keadaan asma semakin parah dan bisa membuat sirkulasi peredaran darah mengalami keparahan. Oleh karena itulah dalam keadaan seperti ini disarankan untuk lebih tenang dan hiruplah oksigen dari hidung dan hembuskan nafas melalui mulut. Hal ini dibutuhkan karena membantu mendukung situasi menjadi lebih baik, dan jika sudah mendapatkan keadaan yang lebih membaik maka hubungi dokter Anda atau anda bisa menghubungi tim penanganan asma.
  2. Menajuhi alergen
    Cara mengobati asma akut adalah dengan menjauhi area yang menjadi penyebab asma. Jika seseorang mengalami asma, maka langkah yang paling baik dan benar adalah dengan pergi pada tempat terbuka. Hal ini bertujuan untuk bisa bernafas dengan lebih leluasa bisa sambil berdiri atau juga duduk.
  3. Pindah ke tempat yang lebih hangat.
    Salah satu penyebab asma adalah karena hawa dingin. Cara mengobati asma dengan alami adalah pindah dari tempat yang dingin ke tempat yang hangat atau juga lembab. Hal ini bertujuan untuk bisa membantu mengurangi sesak nafas akibat penyakit asma dan bisa membantu mencegah asma kambuh lagi.
  4. Kerjakan latihan pernapasan.
    Studi bagaimana bernapas dalam-dalam juga bisa menolong menangani masalah asma. kesusahan bernapas adalah di antara efek serangan asma serta studi bagaimana mengelola problem ini dapat sangat menolong.
  5. Kelola stres
    Faktor lain dari penyebab asma adalah stres. Stres akan membuat keadaan asma menjadi semakin parah. Cara mengobati asma saat kambuh akibat stres adalah dengan mengelola stres Anda, dan sebagian dari metode ini bisa dilakukan dengan cara dipijat, meditasi, melakukan olahraga dengan teratur serta bisa melakukan olahraga yoga.
  6. Jauhi semprotan insektisida.
    Seorang pasien asma mesti hindari semprotan insektisida serta pestisida yang bisa mengganggu saluran pernapasan. bila pingin membasmi serangga di rumah, pakai langkah lain tak hanya memakai racun serangga. semprotan racun serangga cuma dapat menyebabkan serangan asma
  7. Menghirup aroma minyak kaya putih
    Apabila anda telah rasakan tanda-tanda asma dapat nampak, cepatlah menghirup aroma minyak kayu putih. pasalnya aroma minyak kaya putih bisa menenangkan saraf. hingga bisa menghindar asma kembali kambuh, atau bisa melapangankan tarikan nafas anda waktu asma kambuh.
  8. Konsumsi kopi
    Seseorang yang konsumsi kopi hangat waktu asma kambuh, bisa menolong seseorang meredakan rasa sesaknya. perihal ini dikarenakan kopi telah banyak diketahui, serta efisien untuk buka saluran hawa yang terhimpit di dada.

Tips mengatasi asma dengan pengobatan tradisional:
  1. Air
    Umumnya orang yang didiagnosis dengan asma, biasanya situasinya dikarenakan dikarenakan dehidrasi. menurut beberapa pakar, tanda-tanda asma itu awalannya bermula sebagai peringatan bahwa tubuh memerlukan air. hingga anda butuh memenuhi keperluan air tiap-tiap hari untuk menghindar berkembangnya tanda-tanda asma.
  2. Alpukat
    Alpukat telah diketahui memiliki kandungan konsentrasi paling tinggi l-glutathione ialah makanan anti-asma yang mampu membuat perlindungan sel, melawan rusak disebabkan radikal bebas, dan detoksifikasi tubuh dari polutan serta zat beresiko lain. l-glutathione dalam alpukat juga bisa menolong peradangan quells sistemik dan melakukan perbaikan kesehatan usus yang rusak. Suatu sistem yang pada gilirannya menolong menghindari penyebab asma.
  3. Kubis
    kubis adalah sumber alami vitamin c yang mempunyai kekuatan unik memblokir radikal bebas dan bertanggung jawab pada kontraksi otot polos saluran napas sisi didalam. Kubis juga adalah sumber fitokimia beta-karoten sebagai antioksidan kuat mengurangi tanda-tanda asma atau mencegahnya.
  4. Pisang
    Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2011 oleh beberapa peneliti dari imperial college london, makan pisang tiap-tiap hari bisa menghindari asma. penelitian tersebut mendapatkan bahwa anak-anak yang makan satu buah pisang 1 hari, alami penurunan risiko tanda-tanda asma layaknya mengi sampai lebih kurang 34 %.
  5. Bayam
    Suatu penelitian yang melibatkan 68.535 partisipan wanita menunjukkan bahwa konsumsi tinggi bayam terkait segera dengan menyusutnya resiko asma. Hasil riset ini barangkali didukung oleh fakta bahwa bayam tinggi kandungan vit. c, beta-karoten, vit. e, dan magnesium.
  6. Jahe
    jahe yaitu ramuan anti-asma yang kuat, apalagi sebagian orang menyebutkan bahwa manfaatnya tambah baik dibanding obat antihistamin layaknya benadryl saat membersihkan saluran hawa serta menghentikan peradangan. serat serta karakter antioksidannya bikin jahe bisa jadi obat yang ampuh tanpa menyebabkan dampak samping yang beresiko, yang bermakna safe untuk anda untuk menambahkannya ke didalam makanan sehari-hari serta minuman untuk kesehatan yang baik.
  7. Kunyit
    Bahan aktif anti-inflamasi didalam kunyit juga bisa menangani peradangan yang bertanggung jawab pada pembengkakan paru-paru serta konstriksi saluran pernapasan sepanjang serangan asma. dikarenakan menolong melebarkan pembuluh darah serta mengendurkan otot, kunyit adalah senjata ampuh saat mencegah kambuhnya tanda-tanda asma.
  8. Apel
    apel memiliki kandungan quersetin yang sudah dapat dibuktikan berikan perlindungan yang kuat pada asma. sesuatu studi dari eropa mendapatkan bahwa wanita hamil yang konsumsi sekurang-kurangnya empat apel per minggu, 53 % lebih rendah pada risiko melahirkan anak dengan asma.


Sekian tips tentang cara menangani dan mengobati asma. Semoga bermanfaat.. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar